Pindah Ibu Kota ???

2:22 AM

Well, beberapa hari yang lalu gue baca berita di yahoo tentang pemindahan ibu kota. Jujur aja ya, gue syok banget bacanya. Bukan karena nanti nya gue akan jauh dari "Pusat Pemerintahan" tapi karena "BIAYA" yang akan di keluarkan nantinya untuk pembangunan tersebut. Are you serious??? Anak sekolah aja ngerti betapa mahalnya biaya yang akan di keluarkan untuk pembangunan ibu kota baru jika di bandingkan dengan memperbaiki jakarta. Selain itu, coba deh di pikirkan. Logis ga sih, rakyatnya masih banyak yang hidupnya kekurangan, sementara pemerintahnya ingin membangun ibu kota baru? Please deh yaaa, masih banyak hal yang lebih prioritas di bandingkan dengan pemindahan Ibu Kota.
Jujur aja ya, gue setuju kok, setuju banget malah dengan rencana pemisahan antara "Pusat Bisnis" dan "Pusat Pemerintahan". But, can you see that? The timing is not precise. Seperti yang udah gue utarakan di atas tadi "still a lot more priority than the removal Capital from Jakarta to another city".
Selain masalah biaya, apakah dengan cara memindahkan Ibu Kota dapat mengatasi masalah yang ada di Jakarta? Atau malah akan menimbulkan masalah lain di Ibu Kota yang baru? Kalo alasan untuk memindahkan Ibu Kota hanya karena betapa "MACET"-nya Jakarta, menurut gue terlalu emosional banget deh (kalo ga mau macet, lo pindah aja ke mars).Coba deh kita berpikir sejenak yaa. Gimana Jakarta ga mau macet coba, kalo hampir setiap pegawai pemerintahan golongan atasnya aja menggunakan kendaraan pribadi (sebenarnya sih ga cuma pemerintahnya aja ya, yang lain juga!). Andai saja mereka menggunakan kendaraan umum, pasti akan mengurangi dampak kemacetan yang ada. Selain itu, mereka kan juga bisa menjadi contoh untuk masyarakat. Dengan begitu mereka akan berpikir "Pejabat aja pake kendaraan umum, berarti mulai besok pakai kendaraan umum juga deh" atau "Pejabat aja mau pake transportasi massal, masa gue yang cuma MAHASISWA aja bawa kendaraan pribadi sih". See?? Pasti semua masyarakat akan berpikir untuk menggunakan kendaraan umum, jika ada pejabat atau public figur yang menggunakan transportasi umum. Belum lagi, jika fasilitas transportasi umumnya di buat senyaman mungkin.

So, the conclusion :
  1. Jangan memindahkan Ibu Kota jika alasannya hanya karena kemacetan (Coba pemerintah pikirin lagi deh, masih banyak rakyatnya yang lebih membutuhkan. Mending dananya di distribusi aja untuk kesehatan, pendidikan, dsb)
  2. Kalo mau mindahin Ibu Kota, apa manajemen nya sudah di persiapkan? Kalo belum di persiapkan dengan baik, nantinya malah akan menjadi masalah baru.
  3. Lebih baik melanjutkan pembangunan di Jakarta dari pada memindahkan Ibu Kota (karena biayanya akan lebih ringan dibandingkan dengan memindahkan Ibu Kota) 
  4. Apa iya dengan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke tempat lain akan mengurangi masalah yang ada di Jakarta?
So, let's we think again guys!

Sekian ya untuk pendapat gue mengenai pemindahan Ibu Kota. Semoga pemerintah kita dapat lebih bijaksana lagi dalam membuat keputusan selanjutnya :)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe