PPAN 2018

6:23 AM

Hellaawww!!
Its been a long time since the last time I wrote blog :))
Anyway, tulisan kali ini akan gue dedikasikan (jiah bahasanya) untuk menceritakan pengalaman selama mengikuti seleksi PPAN 2018. Gue lolos atau engga? Ga perlu gue jawab, kalian pasti udah tau dong kalo gue belum lolos tahun ini wkw
Tapiiiiii, even I'm not one of the big 6 of DKI's finalist I'm so happy btw. Karena dapat pengalaman dan teman-teman baru yang super abiiiisss.
Well, lets start it!
Sebelum gue cerita perjalanan seleksi, kalian udah tau belum apa itu PPAN?
Jadi, PPAN adalah singkatan dari Pertukaran Pemuda Antar Negara yang merupakan program kerja sama antara Kemenpora dengan Kementrian negara tujuan. Nah, negara tujuannya apa aja sih? Banyak bangeeeet, ada Jepang-ASEAN, Korea Selatan, Australia, Canada, China, Malaysia, India, Singapura, lengkapnya bisa di check ke websitenya PCMI Jakarta

Sebenarnnya, gue sendiri sudah tau kalau ada program ini sejak tahun 2014-an gitu, tapi belum berani daftar karena ga punya TOEFL trus sibuk kerja juga (padahal sekarang juga masih sama ditambah sibuk kuliah juga wkw). Singkat cerita, dengan modal nekat tahun ini gue memberanikan diri untuk daftar program ini. Tidak pernah sedikitpun berpikiran akan lolos ke tahap selanjutnya, Alhamdulillah pas pengumuman lolos untuk seleksi berkas dan lanjut ke seleksi tingkat kota. Pendaftarannya sendiri berdasarkan wilayah KTP. Seleksi tingkat kota itu selama 2 hari, di hari Sabtu & Minggu. Di hari Sabtu itu tes tertulis tentang pengetahuan umum & DKI Jakarta, hubungan internasional, bahasa inggris dan LGD (Leaderless Group Discussion). Sumpah ya itu soal HI susaaaaaaaaahhhh bangeeeettt. Mau mati rasanya, apalagi gue ga punya background HI/Politik kan kuliahnya wkwk. Tapi karena dari awal niat gue cuma "yaudah coba aja. nothing to lose, kalopun ga lolos dapat teman & pengalaman baru. Sekalian mengukur sejauh mana kemampuan gue saat ini". Nah, di hari ke dua itu interview bahasa inggris dan kontribusi apa yang akan dilakukan setelah program pertukaran selesai. Abis itu ada sharing dari para alumni, mereka menceritakan kegiatan mereka tiap-tiap program itu apa aja.

Nah, abis itu yaudahlah ya. Karena ga begitu berharap gue pasrah aja. Apalagi kalo inget soal-soal HI yang ga gue pahami, makin tau dirilah gue wkwk
2 hari kemudian keluarlah hasil pengumuman, actually gue baru tau itu saat Indri nanya di group udah lihat pengumuman atau belum dan mengucapkan selamat untuk yang lolos (peserta seleksi di tingkat kota bikin group wkwk). Yaudah tuh langsung aja gue check ye kan, scroll scroll (asli gue ngescroll pelan-pelan) daaaannnnnn THERE IT IS!!! 0426 : Munty Rizkya
Iyaaaaa gue lolos, asli ga percaya banget gue bisa lolos. Dan gue senyum-senyum sendiri lah ya saking bahagianya. Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk tingkat provinsi yaitu PPA (Post Program Activity), Arts Performance, dan yang paling penting adalah mental untuk interview (bahasa inggris, HI, alumni, psychology). Dan waktu gue untuk mempersiapkan itu semua kurang lebih adalah 1 minggu.

Sampailah pada hari yang dinantikan, dijadwal itu harus di lokasi pukul 7 pagi. Nah acaranya di Dinas Pemuda & Olahraga DKI Jakarta. Lokasinya di Senen guys, alhamdulillah ga gitu jauh dari rumah. Pas sampai, langsung registrasi dan mengumpulkan berkas-berkas yang di syaratkan. Seperti ktp, proposal PPA, CV, passport, Toefl, dsbnya oiya, kita juga diwajibkan untuk menyumbangkan 2 buku. Setelah itu, di kasih sarapan. Part yang tidak perlu dikhawatirkan wkwkw asli ya pas ikut seleksi ini, gue berasa kayak sedang dalam program menggemukan tubuh tau ga sih? Gimana engga, baru datang dikasih sarapan (nasi uduk gengssss, porsinya luar biasa kek makan siang hehehe), trus jam 12 makan siang, jam 3 sore ada snack gitu trus jam 6 sore makan malam ckckck. Oke back to the topic. Jadi di hari pertama itu akan ada opening ceremonial gitu lah dari KaSudin Dispora DKI. Dilanjutkan pembagian kelompok untuk selama 2 hari. Jadi kemana-kemana harus bareeenggg. Ga boleh misah gitu. Alhamdulillah anaknya asik-asiiikk + baik dan bukan anak-anak yang ambis banget gitu, trus we supports each other gitu. Pokoknya kegiatan hari pertama itu interview bahasa inggris (bule sis jurinya jangan sedih :')) trus HI (perwakilan dari Kemenlu njiiirrr. Asli gue waswas parah di pos ini. Trus PPA, disini gue hanya semacam mempresentasikan program gue. Dan kalian harus yakin kalo program kalian itu sustainable, terakhir psychology, cuma ditanya tentang diri sendiri aja sih. All conduct in english, except psycology dan PPA (depend on kenyamanan tiap peserta).

Oke hari pertama selesai, lanjut ke hari ke dua. Di hari kedua itu tinggal 3 pos lagi yaitu LGD, Interview with Alumni dan Arts performance. Untuk arts performace itu tiap peserta diberikan waktu 5-7 menit. Boleh menampilkan apapun yang peserta bisa. Pokoknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk mempromosikan diri masing-masing. Arts performance itu surganya hiburan untuk tiap-tiap peserta setelah penat selama 2 hari. Setelah arts selesai, jadilah waktu yang bikin dagdigdug, dimana para juri dan panitia mendiskusikan nilai para peserta. Iyaaa langsung diumumkan malam itu juga delegasinya. Kebetulan untuk tahun ini tersisa 2 posisi yaitu untuk SSYEAP & IKYEP dan dua-duanya untuk perempuan. Sekitar jam 9 malam dikumpulkan dan diumumkan lah 6 peserta yang akan mengikuti proses selanjutnya yaitu PDT (Pre Departure Training). Sayangnya, gue belum lolos untuk tahun ini hehehehe tapi senaaangg bisa punya banyak teman - teman baru.

Ini beberapa foto-foto dari kegiatan seleksi :

 Waktu di tingkat Kota Jakarta Barat


 Rubina, teman satu kelompok di seleksi tingkat provinsi DKI Jakarta


 Dari kiri ke kanan: Kiky, Arin, gue, Afifah, Fia, Zaya (teman-teman 1 kelompok)

 
 Zaya saat arts performance diberikan masukan oleh juri (Kak Rudi)

 
 Full team B. Kiri ke kanan : Fia, Rubina, gue, Kiky, Reyner, Arin, Afifah, Angel, Zoya

 
 Much love for this team

 
 Perwakilan dari Jakarta Barat. Kiri ke kanan : Indri, gue, Rifdah, Ryan, Rihlal & Vita

Sekian ceritanya. Sumpah ya untuk kalian yang belum tau atau udah tau belum coba, ga ada salahnya untuk ikutan. See yaaa.





               Love,
 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe