Let's Talk About Mental Health

10:52 PM

"There is no shame in taking medication for a mental illness. Do whatever works for you.”



Hi readers! Apa kabar? Semoga selalu sehat baik fisik maupun jiwanya yaaa.
Kali ini gue mau sharing tentang mental health. Gue sangat amat peduli mengenai hal ini sejak lama, namun baru mulai mendalaminya ketika salah satu sahabat gue cerita kalau sepertinya dia mengalami depresi. Maka mulai saat itu, gue semakin rajin menjaga kesehatan mental gue. Dimana terdapat jiwa yang sehat, disitulah fisik yang sehat. Kalau mentalnya aja sudah sakit, fisik pun akan sama. Lebih mudah lelah, kesal, sedih, dsbnya berujung dengan diri yang tidak menjadi produktif.
Beberapa waktu lalu, gue sempet sharing mengenai hal ini melalu ig story. Nah, postingan ini bisa dibilang akan menjadi rekap dari sharing di ig story yaaa






First : Stress VS Deppresed

Banyak orang yang menganggap stres & depresi adalah hal yang sama. Nyatanya, kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda.
Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan berasal dari sesuatu yang terjadi dalam kehidupan pribadi yang di rasa terlalu berlebihan untuk dikendalikan sendiri. Contohnya seperti beban pekerjaan, konflik pada hubungan asmara atau masalah keuangan. Saat stres terjadi pada kadar yang tidak berlebihan dapat berdampak postif untuk diri kita pribadi. Misalnya menjadikan diri kita lebih termotivasi atau mengambil risiko yang bermanfaat dalam sebuah keputusan. Namun, jika kita mengalami stres yang berlebihan dalam periode yang berkepanjangan dapat memberikan dampak yang buruk untuk hidup kita. Saat itulah sesorang yang tidak dapat mengatasi rasa stresnya, baru dikatakan depresi.
Depresi sendiri adalah suatu kondisi medis yang berdampak negatif pada perasaan, cara berfikir hingga cara bertindak. Jika ditangani secara benar,depresi dapat diobati, sehingga saat kamu mulai merasa depresi mecari bantuan (baik kepada teman dekat maupun profesional) adalah hal yang terpenting untuk dilakukanJ. Depresi biasanya disebabkan oleh perasaan sedih dan atau kehilangan minat pada kegiatan yang sebelumnya sangat dinikmati. Hal tersebut dapat mengarahkan ke berbagai macam permasalahan emosional & fisik. Sehingga dapat mengurangi kemampuan seseorang dalam menjalankan tugas sehari – hari.

Second : Common Signs Of Stress & Depressed

Berikut untuk tanda – tanda umum dari stres & depresi :

Stres
Depresi
Jam tidur bermasalah
Menghindari kehidupan sosial
Merasa kewalahan
Merasa sedih & putus asa
Sulit untuk mengingat
Kekurangan energi, antusias & motivasi
Sulit berkonsentrasi
Sulit membuat keputusan
Mudah merasa grogi dan gelisah
Mudah gelisah, terganggu dan tersinggung
Perubahan kebiasaan pola makan
Makan dengan porsi yang lebih banyak atau sedikit
Merasa marah, tersinggung atau mudah frustasi
Tidur lebih lama atau lebih cepat dari biasanya
Merasa tidak dapat mengatasi kesulitan dalam hidup
Merasa buruk terhadap diri sendiri & tidak nyaman

Merasa tidak dapat mengatasi kesulitan dalam hidup

Sulit berkonsentrasi & mengingat

Berpikir untuk mengakhiri hidup
  


Third : Reducing Stress

Saat mengalami stres banyak cara untuk melampiaskannya. Minum alkohol & menggunakan narkoba bukanlah jalan yang dapat menyelesaikan masalah. Namun, dapat membuat masalah semakin besar. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan stres :
  1. Cara tau apa yang membuat mu stres
  2. Cari solusi dengan bertukar pikiran terhadap orang – orang yand di percaya 
  3. Memastikan tubuh sehat. Tidur cukup, makan cukup.
  4. Relaksasi diri dengan melakukan hal – hal yang diminat. Misal : membaca buku, mendengarkan musik, jalan – jalan, berdansa atau apapun yang dapat membakar energi
  5. Ini hal yang paling penting. Don’t suffer in silence. Berbicara dari hati ke hati dengan orang yang dipercaya, menerima support dari keluarga, teman, dll. Hal tersebut dapat menghilangkan perasaan negatif dan memberikan perspektif yang lebih segar

Fourth : The Last But Not Least

Please remember!

Mental illness is everyday battle. One that needs to be fought with oneself, more than its to be fought with the world. It's being exhausted,more mentally than physically, almost all the time. It's finding yourself empty in the happiest of situations, wondering what's missing from within you. It's rejection punching you in the chest, as you try holding your arms open for those you love. It's having the highest of highs, switching with the lowest of lows, all in the blink of an eye.

If you ever get thoughts of ending your life, please wait. If nights mean staying up in your bed, crying over everything and nothing, please wait. If your mind is playing games with you today, please do not let your thoughts win. You can begin with kindness. Mercy for your own self. Understand that you are just as important and worthy as someone who seems ‘normal’ is. Your body needs healing. Please allow it. You belong in this world just as much as anyone else does. Understand that it is in your hands to step out of it. It is possible. If dealing with it alone is getting impossible, please reach out. Confide in a trustworthy person. Seek help. Please let your effort be bigger than your fears. Please believe that there are beautiful things that await you. That nothing is permanent and that it will get better everyday.

If you are, or if you know someone who is dealing with suicidal thoughts, or seems quieter than usual, losing interest in the routine activities, not eating properly, having difficulties sleeping or staying awake, talking about ending their life life, please reach out to them.

Let's remember that depression doesn't have a face. Being suicidal does not mean you're being a coward. Your thoughts are valid. Your life is important. You matter.


Sekian untuk sharing kali ini. Feel free to drop some comments or inputs about this.






               Love,








Source:

You Might Also Like

0 comments

Subscribe